Resume BAB 1 Total Quality Management : Konsep Kualitas
BAB I
Konsep Kualitas
A.
Definisi Dasar Kualitas
Kualitas memiliki banyak definisi karena setiap
individu memiliki dasar kualitasnya sendiri, mulai dari kotroversial sampai
strategik.
o Definisi Kontroversial
Kualitas adalah gambaran langsung karakteristik barang
atau jasa yang disajikan, seperti kemudahan dalam penggunaan, mempunyai nilai
estetik, dll.
o Definisi Strategik
Kualitas adalah segala segala sesuatu yang mampu
memenuhi kebutuhan pelanggan.
B.
Definisi Manajemen Kualitas
Manajemen kualitas adalah cara meningkatkan kinerja
secara terus-menerus pada setiap lavel operasi dalam fungsional organisasi
dengan memanfaatkan semua sumber daya dan modal yang ada.
Adapun konsep trilogi kualitas menurut Dr.Juran,
yaitu: Quality Planning, Quality Control, dan Quality Improvement.
C.
Aplikasi Konsep Kualitas Berdasarkan Pandangan
Tradisional dan Modern
o Secara Tradisional
Dalam konsep ini konsep kualitas berfokus pada kegiatan
inspeksi produk dengan cara menyortir guna menyeleksi produk cacat agar tidak
sampai ke tangan konsumen.
o Secara Modern
Pada konsep ini dicirikan pada 5 ciri, yaitu: pertama, berorientasi pada kebutuhan
pelanggan. Kedua, adanya partisipasi
aktif setiap anggota organisasi yang dipimpin top management. Ketiga, adanya
pemahaman atas tanggung jawab setiap anggota organisasi dalam membentuk
kualitas. Keempat, adanya aktivitas
yang berorientasi pada tindakan pencegahan kerusakan. Kelima, adanya filosofi bahwa kualitas adalah “jalan hidup”.
o Adapun 3 dasar sistem kualitas modern, yaitu:
1.
Kualitas Desain
Mengacu pada aktivitas penjaminan kualitas produk atau
jasa baru layak tidaknya diproduksi atau dikerjakan.
2.
Kualitas Kesesuaian
Mengacu pada sudah sesuai atau belum produk atau jasa
yang ditawarkan dengan spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya.
3.
Kualitas Pemasaran dan Pelayanan Purna Jual
Mengacu pada sejauh mana penggunaan produk memenuhi
ketentuan tentang pemasaran, pemeliharaan, dan pelayanan purna jual.
0 comments: