Resume BAB 1 Total Quality Management : Konsep Kualitas

BAB I
Konsep Kualitas



A.      Definisi Dasar Kualitas
Kualitas memiliki banyak definisi karena setiap individu memiliki dasar kualitasnya sendiri, mulai dari kotroversial sampai strategik.
o   Definisi Kontroversial
Kualitas adalah gambaran langsung karakteristik barang atau jasa yang disajikan, seperti kemudahan dalam penggunaan, mempunyai nilai estetik, dll.
o   Definisi Strategik
Kualitas adalah segala segala sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.
B.       Definisi Manajemen Kualitas
Manajemen kualitas adalah cara meningkatkan kinerja secara terus-menerus pada setiap lavel operasi dalam fungsional organisasi dengan memanfaatkan semua sumber daya dan modal yang ada.
Adapun konsep trilogi kualitas menurut Dr.Juran, yaitu: Quality Planning, Quality Control, dan Quality Improvement. 
C.      Aplikasi Konsep Kualitas Berdasarkan Pandangan Tradisional dan Modern
o    Secara Tradisional
Dalam konsep ini konsep kualitas berfokus pada kegiatan inspeksi produk dengan cara menyortir guna menyeleksi produk cacat agar tidak sampai ke tangan konsumen.


o    Secara Modern
Pada konsep ini dicirikan pada 5 ciri, yaitu: pertama, berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Kedua, adanya partisipasi aktif setiap anggota organisasi yang dipimpin top management. Ketiga, adanya pemahaman atas tanggung jawab setiap anggota organisasi dalam membentuk kualitas. Keempat, adanya aktivitas yang berorientasi pada tindakan pencegahan kerusakan. Kelima, adanya filosofi bahwa kualitas adalah “jalan hidup”.
o   Adapun 3 dasar sistem kualitas modern, yaitu:
1.        Kualitas Desain
Mengacu pada aktivitas penjaminan kualitas produk atau jasa baru layak tidaknya diproduksi atau dikerjakan.
2.        Kualitas Kesesuaian
Mengacu pada sudah sesuai atau belum produk atau jasa yang ditawarkan dengan spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya.
3.        Kualitas Pemasaran dan Pelayanan Purna Jual
Mengacu pada sejauh mana penggunaan produk memenuhi ketentuan tentang pemasaran, pemeliharaan, dan pelayanan purna jual.

0 comments: